Langsung ke konten utama

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR BAG. I

A.Latar Belakang
 Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsepdasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi.Manusia sebagai subjekpokoknya yang dalam hal ini merupakan makhluk hidup yang paling tinggikedudukannya. Salah satu indikatornya ialah sifat unik manusia.Dibandingkan denganmakhluk lain, jasmani manusia adalah lemah, tetapi rohani atau akal budi dankemauannya sangat kuat. Umumnya dikatakan bahwa manusia dan binatang berbedakarena akal budi yang dimilikinya (hewan memiliki akal budi  yang bersifat terbatasatau biasa disebut insting). Akal bersumber pada otak. Dan, budi bersumber padajiwa. Oleh karena itu, sejalan dengan perkembangannya manusia memanfaatkan akalbudi yang dimilikinya dan juga ditunjang dengan rasa ingin tahu (kuriositas), makaberkembanglah pula ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Perkembanganpengetahuan pun lebih berkembang lagi manakala ditunjang dengan adanya tukarmenukar informasi antar manusia.Pada zaman dahulu akibat dari terbatasnya peralatan untuk memperolehpengetahuan, maka untuk menjawab keingintahuan tentang alam, manusia pada saatitu menciptakan mitos. Sehingga mitos pun digolongkan menjadi tiga, yaitu mitossebenarnya, cerita rakyat, dan lagenda. Sehingga terdapat beberapa cara untukmendapatkan kesimpulan, diantaranya prasangka (perasaaan), intuisi (batiniah), dancoba-ralat/trial error (untung-untungan).Untuk itu diperlukanlah syarat-syarat tertentu agar suatu ilmu itu dapat sesuaidengan keadaannya bukan dengan prasangka, intuisi, maupun coba-ralat/trial error.Adapun syaratnya, yaitu obyektif, metodik, sistematik, dan universal.Serta, untukdapat memenuhi syarat ilmu pengetahuan seperti yang tersebut di atas, makadiperlukanlah metode ilmiah.
 B.Rumusan Masalah
1.Bagaimana perkembangan pikiran manusia?
2.Bagaimana sejarah perkembangan manusia?
3.Bagaimana perkembangan fisik manusia?
4.Bagaimana sifat dan pikiran manusia?
 C.Tujuan & Manfaat
1.Menjelaskan tentang Alam Pemiikiran Manusia dan perkembangannya yaitu tentangperkembangan pikiran manusia, sejarah perkembangan manusia, perkembangan fisikmanusia, dan sifat pikiran manusia.

                                                             BAGIAN I

A.    Pengertian ilmu dasar
Ilmu alamiah dasar atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja dan ilmu yang hanya berbicara tentang bagaimna metode-metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala-gejala alam lebih secara filosofi. IAD merumuskan pemikiran yang selalu di landasi oleh realisme, karena ilmu sains ini berbicara tentang metode-metode alamiah dan gejala-gejala alamiah sehingga tidak dapat lepas dari realitas objek-objek materi yang dapat dilihat oleh indra.
B.    Jelaskan bagaimana alam pikiran berkembang dan bagaimana manusia selalu berusaha meuaskan keingintahuannya.
Manusia sebagai makhluk berpikir diberi hasrat ingin tahu tentang benda dan peristiwa yang terjadi di sekitarnya termasuk juga ingin tahu tentang dirinya sendiri.Rasa ingin tahu ini mendorong manusia untik menjelaskan gejala-ejala alam serta berusaha memecahkan masalah yang dihadapi dan akhirnya manusia dapat mengumpulakan pengetahua.Pengetahuan yang terkumpul semain banyak disebabkan rasa ingin tahu manusia yang terus berkembang juga daya pikirnya, pada hewan usaha untuk eksplorasi kea lam sekitar di dorong oleh instink yang terpusat pada usaha untung mempertahankan dan melangsungkan kehidupan.
C.    Mitos pelajaran, dan cara memperoleh pengetahuan.
1.    Jelaskan pengertian mitos, legenda, dan cerita rakyat.
2.    Berikan 10 mitos, legenda, dan cerita rakyat.
3.    Jelaskan bagaimana manusia memperoleh pengetahuan.
Mitos adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (kayangan) dan dianggap benar – benar terjadi oleh empunya cerita atau penganutnya. Legenda (bahasa Latin: legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai “sejarah” kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya. Cerita rakyat adalah sebagian kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki Bangsa Indonesia. Pada umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam cerita rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa. Fungsi Cerita rakyat selain sebagai hiburan juga bisa dijadikan suri tauladan terutama cerita rakyat yang mengandung pesan-pesan pendidikan moral.


Mitos :
1.    Kalau nyapu tidak bersih, suaminya brewokan.

2.    Anak gadis yang duduk di depan pintu  dipercaya sulit dapat jodoh.

3.    Pamali makan menggunakan tutup piring.

4.    Duduk di atas bantal nanti jadi bisulan.

5.    Gadis yang makan sayap ayam akan jauh dari jodoh.

6.    Ke pantai selatan jangan memakai baju berwarna biru atau hitam, akan menikah dengan mahkluk gaib.

7.    Jangan menyapu di malam hari, dipercaya menjauhkan rezeki.

8.    Jangan foto bertiga, yanhg ditengah akan meninggal dunia terlebih dahulu.

9.    Kebiasaan bersiul di malam hari, akan mengundang mahkluk gaib.

10.  Jangan makan di tempat tidur, akan mendapatkan jodoh yang pemalas.

Legenda:
1.    Legenda pulau Madura, wanita yang menemukan pulau Madura.
2.    Legenda pulau bali atau pulau dewata, anak orang kaya yang suka berjudi.
3.    Legenda malin kundan, sang anak durhaka.
4.    Legenda batu menangis, seorang wanita yang malu memiliki ibu yang miskin.
5.    Legenda danau toba, siluman ikan yang marah anaknya dihina.
6.    Legenda kapiten patimura, panglima perang melawan VOC.
7.    Legenda lutung kasarung, seekor lutung yang dicintai oleh seorang putri.
8.    Legenda candi Borobudur, candi yang dibangun oleh jin.
9.    Legenda tangkuban perahu, anak yang mencintai ibunya.
10.  Legenda gunung merapi.
Cerita rakyat:
1.    Carita rakyat danau toba.
2.    Cerita rakyat cindelaras.
3.    Cerita rakyat asal mula nama kota cianjur.
4.    Cerita rakyat roro jonggrang.
5.    Cerita rakyat sangkuriang.
6.    Cerita rakyat asal mula kota salatiga.
7.    Cerita rakyat malin kundang.
8.    Cerita rakyat timun mas.
9.    Cerita rakyat bawang merah dan bawang putih.
10.  Cerita rakyat lutung kasarung.

Pengetahuan manusia dimulai dari rasa ingin tahu manusia itu sendiri. Rasa ingin tahu ini sudah dimiliki manusia sejak kecil. Banyak cara untuk memuaskan rasa ingin tahu manusia. Anak yang belum dapat bertanya senang mencoba-coba hal yang tidak diketahuinya. Sebagai contoh, anak kecil senang memasukan barang-barang ke dalam mulutnya hanya untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Di tahap selanjutnya anak-anak akan banyak bertanya contohnya “itu apa ?”, “ini bagaimana?” itu hal yang lumrah dilewati oleh manusia untuk pengembangan diri. Rasa ingin tahu tersebut akan terpuaskan bila diperoleh pengetahuan yang dia pertanyakan dengan hal yang benar.
Pengetahuan dapat diperoleh kebenarannya dari dua pendekatan, yaitu pendekatan non-ilmiah dan ilmiah. Pada pendekatan non ilmiah ada beberapa pendekatan yakni akal sehat, intuisi, prasangka, penemuan dan coba-coba dan pikiran kritis.
1.    Akal sehat
Menurut Conant yang dikutip Kerlinger (1973, h. 3) akal sehat adalah serangkaian konsep dan bagian konseptual yang memuaskan untuk penggunaan praktis bagi kemanusiaan. Konsep merupakan kata yang dinyatakan abstrak dan dapat digeneralisasikan kepada hal-hal yang khusus. Akal sehat ini dapat menunjukan hal yang benar, walaupun disisi lainnya dapat pula menyesatkan.
2.    Intuisi
Intuisi adalah penilaian terhadap suatu pengetahuan yang cukup cepat dan berjalan dengan sendirinya. Biasanya didapat dengan cepat tanpa melalui proses yang panjang tanpa disadari. Dalam pendekatan ini tidak terdapat hal yang sistemik.
3.    Prasangka
Pengetahuan yang dicapai secara akal sehat biasanya diikuti dengan kepentingan orang yang melakukannya kemudian membuat orang mengumumkan hal yang khusus menjadi terlalu luas. Dan menyebabkan akal sehat ini berubah menjadi sebuah prasangka.
4.    Penemuan coba-coba
Pengetahuan yang ditemukan dengan pendekatan ini tidak terkontrol dan tidak pasti. Diawali dengan usaha coba-coba atau dapat dikatakan trial and error. Dilakukan dengan tidak kesengajaan yang menghasilkan sebuah pengetahuan dan setiap cara pemecahan masalahnya tidak selalu sama. Sebagai contoh seorang anak yang mencoba meraba-raba dinding kemudian tidak sengaja menekan saklar lampu dan lampu itu menyala kemudian anak tersebut terperangah akan hal yang ditemukannya. Dan anak tersebut pun mengulangi hal yang tadi ia lakukan hingga ia mendapatkan jawaban yang pasti akan hal tersebut.
5.    Pikiran Kritis
Pikiran kritis ini biasa didapat dari orang yang sudah mengenyam pendidikan formal yang tinggi sehingga banyak dipercaya benar oleh orang lain, walaupun tidak semuanya benar karena pendapat tersebut tidak semuanya melalui percobaan yang pasti, terkadang pendapatnya hanya didapatkan melalui pikiran yang logis.
6.    Pendekatan Ilmiah
Pendekatan ilmiah adalah pengetahuan yang didapatkan melalui percobaan yang terstruktur dan dikontrol oleh data-data empiris. Percobaan ini dibangun diatas teori-teori terdahulu sehingga ditemukan pembenaran-pembenaran atau perbaikan-perbaikan atas teori sebelumnya. Dan dapat diuji kembali oleh siapa saja yang ingin memastikan kebenarannya.

SUMBER : Maskoeri  jasin dalam bukunya yang berjudul Ilmu Alamiah Dasar yang diterbitkan oleh PT. Raja Grafindo Persada. H. W. Fowler dalam bukunya “ Sience” in education. H. ABAU AHMADI dan  A. SUPATMO dalam buku SAP Ilmu alamiah dasar.
https://www.penuliscilik.com/cerita-legenda/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PERTEMUAN 3 PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET BASIC PSYCHOLOGICAL FEATURE IN CYBERSPACE

TUGAS PERTEMUAN 3 PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET  BASIC PSYCHOLOGICAL FEATURE IN CYBERSPACE DISUSUN OLEH : 1. ALFANZA RAMADHAN 2. DHEA ANISSA 3. MUHAMMAD RAYHAN EDI W (KETUA) 4. ULFA PUTRIANI 2PA20 FAKULTAS PSIKOLOGI JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS GUNADARMA 2020 URAIAN MENGENAI SALAH SATU BASIC PSYCHOLOGICAL FEATURE IN CYBERSPACE 1. Pengertian texting (SMS)           SMS adalah Short Message Service (SMS) adalah suatu fasilitas untuk mengirim dan menerima suatu pesan singkat berupa teks melalui perangkat nirkabel, yaitu perangkat komunikasi teleon selular, dalam hal ini perangkat nirkabel yang digunakan adalah telepon selular. Salah satu kelebihan dari SMS adalah biaya yang murah. Selain itu SMS merupakan metode store dan forard sehingga keuntungan yang didapat adalah pada saat telepon selular penerima tidak dapat dijangkau, dalam arti tidak aktif atau diluar service area (Triani,2011). 2. Kelebihan dan Kelemahan SMS...

Tugas matematika & ilmu alamiah dasar pertemuan 4

NAMA            : ALFANZA RAMADHAN KELAS           : 1PA19 NPM               : 10518421 TULISAN PERTEMUAN 4 RELASI A.     Pengantar mengenai relasi B.      Sifat relasi C.      Contoh penyajian matrik relasi dan diagram panah D.     Contoh soal dan penyelesaiannya (1) FUNGSI A.     Definisi fungsi B.      Domain, kodomain, range C.      Beri contoh soal dan penyelesaianya PROPOSISI A.     Konsep dan notasi dasar B.      Contoh proposisi C.      Berikan contoh soal proposisi dan penyelesaianya JAWAB RELASI A.     Relasi antara himpunan A dan himpunan B didefinisikan sebagai cara p...